Wednesday, May 28, 2008

Memakai Domain Gratis co.cc

Keinginan mengganti alamat blog anisblog.blogspot.com menjadi www.anisblog.co.cc ahirnya terpenuhi juga. Cara ini saya ketahui setelah browsing kesana kemari dan nyantol pada blognya anak muda dari India shubhspace.co.cc Postingan ini membicarakn lebih pada "Apa" dan "Bagaimana" langkah-langkah merubah domain blogspot.com menjadi domain.co.cc dan tidak banyak mendiskusikan "Kenapa" langkah-langkah tersebut diambil
Seperti yang sudah diketahui bahwa co.cc memberikan nama domain gratis. Domain gratis dari co.cc tampak lebih pendek dan terkesan domain berbayar. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah domain gratis blogspot menjadi co.cc. Ada 3 hal yang harus dipenuhi yang berhubungan dangan penggatian domain gratis ini:
1. sebuah nama domain yang sudah diperoleh dari co.cc
2. sebuah blog dari blogger/blogspot
3. DNS server yang diperoleh gratis dari every DNS

Baiklah, mari kita liat satu persatu 3 langkah tersebut diatas

Nama Domain
Nama doamain adala sebuah sebuah identitas alamat online. Nama domain ini layaknya sebuah papan nama dari rumah. Anggap saja kita tinggal disebuah rumah susun, ruangan yang kita tinggali akan sulit diketahui kalau kita tidak memasang papan nama di depan pintu ruangan itu.
Maka segera pilih nama domain. Ada beberapa situs penyedia nama domain gratis diantaranya .uni.cc dan .co.cc Dari dua situs ini saya lebih meilih domain.co.cc dari pada uni.cc Pertimbanganya sederhana, domain.co.cc lebih pendek diucapkan dan terkesan domain berbayar he…he…. Domain gratis dari co.cc akan tertulis seperti www.anisblog.co.cc yang mana kata “anisblog” mewakili domain plihan kita.
Langka pertama untuk mendapat kan doamin gratis dari co.cc adalah mengecek apakah nama domain yang akan kita pilih masih tersedia dalam artian belum dipakai orang lain atau apakah nama domain itu termasuk yang gratis atau harus bayar. Perlu kita diketahui, tidak semua domain.co.cc itu gratis. Sepertinya nama domain yang sangat pendek atau nama domain dengan kata yang sangat populer seperti misalnya www.abc.co.cc walaupun mungkin belum dipakai orang lain tetapi kalau kita ingin mengambil nama domain itu, kita harus bayar. Maka pastikan pilihan kita, yang gratis atau yang bayar. Kalau saya memilih yang gratis hehhehhe….
Kalau sudah menentukan pilihan, kita lihat situsnya co.cc maka akan mucul jendela seperti di bawa ini


Setelah memasukkan nama domain yang kita inginkan di kotak yang telah disediakan, kita tekan check. Kalau nama doain itu masih tersedia maka akan muncul jendelah seperti ini




Klik register now dan kita lanjutkan dengan proses pembuatan account di co.cc Prosesnya cepat hanya menigsi informasi nama, alamat, dll tapi yang lebih penting adalah memasukkan alamat email karna kita mungkin di minta mengaktifkan nama domain itu dari alamat email yang telah kita ambil itu. Setelah aktifasi dari email, registrasi nama domain selesai.


Sebuah Blog
Blog ini adalah yang terpenting. Jika nama doamin adalah sebuah papan nama rumah, blog adalah rumahnya. Akan jadi lucu jika kita punya papan nama rumah tetapi tidak punya rumahnya. Ada bebrapa penyedia blog gratis seperti blogger dan wordpress. Dalam hal ini saya memilih rumah atau blog di blogger. Semuah blog yang memakai blogger , penulisan alamatnya ditambah “blogspot”. Contoh anisblog.blogspot.com Karena kita memakai fasilitas gratis sebuah rumah dari blogger maka dalam penulisan alamatnya kita harus mencantumkan identitas pemberi gratisan ini yaitu blogspot. Kalau tidak dicantumkan, alamat rumah kita sulit dikenali orang lain
Untuk mengganti alamat blog kita dengan nama domain yang sudah kita peroleh dari co.cc diatas, Kita tinggal log in ke blog kita. Kita akan mendapatkan papan kontrol kita atau dashboard. Perhatian kita tertuju pada pengaturan blog atau klik settings, sepeti gambar di bawah ini


setelah mengeklik Settings akan muncul sperti ini.

Klik Publishing pada gambar di atas maka muncul jendela sepereti di bawah ini.


Klik Custom Domain. Karena kita suda punya nama domain gratis dari co.cc Langsung aja cari dan klik Already own a domain?Switch to advanced settings seperti di bawah ini


Setelah itu akan mucul form untuk memasukan nama domain dari co.cc Jangan lupa untuk menuliskan www. didepan nama domain kita.


Setelah sudah yakin bener menuliskan nama domain beserta awalan www. klik Save settings.

Beres, kita suda memasang papan nama yang kita inginkan untuk rumah kita.

DNS server
Sejauh ini kita suda mempunyai papan nama yang lebih unik dan juga sudah kita pasang di depan pintu rumah kita. Akan tetapi kalau rumah yang kita tempati ternyata ada di laintai 4 rumah susun itu, bagaimana orang-orang mengetahui letak rumah kita padahal orang-orang itu masih berada di jalan raya atau di halaman rumah susun itu?
Sederhana, yang perlu kita lakukan adalah memasukan nama papan rumah kita pada daftar penghuni rumah susun itu di lantai dasar. Sehingga setiap pengunjung akan mengetahui siapa saja penghuni rumah susun itu dan ada di lantai berapa. Nah tugas daftar penghuni rumah susun itu pada dunia internet dikerjakan oleh Domain Names System (DNS) server. DNS menjembatani domain name (papan nama rumah) dengan hosting site (penyedia rumah susun).
Jika kita memilih pembuat domain berbayar seperti .com atau .co.in atau .info, domain itu sudah menyertakan DNS Name nya. Akan tetapi domain.co.cc yang menyediakan nama dengan gratis tidak menyertakan DNS sebagai layanan gratisnya. Untuk itu kita perlu mecari DNS server sendiri. Situs penyedia layanan DNS gratis, saya suka hal-hal gratis he..he.., contohnya adalah EveryDNS.
Pembuatan account pada EveryDNS juga sederhana. Lakukan proses pendaftaran account sampai selesai lalu log in, akan mucul jendela seperti di bawah ini.


Pada Add new domain seperti gambar diatas, kita tulis nama domain yang sudah kita dapat gratis dari co.cc seperti anisblog.co.cc Dalam hal ini kita tidak perlu menyertakan awalan www. Setelah itu tekan tombol basic. Maka akan muncul seperti di bawah ini


Tepat dibawah keterangan Primary domains akan muncul nama domain yang baru kita masukan itu. Klik nama domain kita itu, maka akan muncul sebuah jendelah, cari keterangan Current Records lalu delate data-data entry di bawanya.
Setelah itu kita harus mengisi data entry baru pada Add a record yang baru kita hapus itu. Kita harus mengisi data berikut:

Data (saya tulis bold) yang diisikan adalah:
Fully qualified Domain Name = www
Record Type = CNAME (disediakan dalam pilihan)
Record Value = ghs.google.com

Setelah itu tekan tombol add record. Maka akan muncul jendela Current Records dengan nama domain kita dan data yang baru saja kita masukkan seperti di bawah ini


Sampai disini , kita hampir selesai setup nama domain co.cc menggantikan blogspot.com

Final Touch
Langkah terahir adalah log in ke co.cc lagi untuk konfigurasi nama domain kita. Setelah log in di co.cc klik My domains, akan muncul warnah mera, meminta kita untuk ‘Please Set Up’. Klik tombol Edit .


Maka akan muncul pilihan - Manage DNS dan URL Forwarding Records.


Pilih Manage DNS, maka akan muncul jendela seperti di bawah ini



lalu klik [+ Add more Name Servers] 2 kali untuk memunculkan 4 baris kotak guna pengisian ns everydns. Untuk nama ke 4 server tersebut diatas diisi berurutan dengan data dibawah ini:

ns1.everydns.net
ns2.everydns.net
ns3.everydns.net
ns4.everydns.net

Setelah itu klik Setup Domain maka akan muncul jendelah seperti di bawah ini yang menerangkan nama domain co.cc beserta DNS servernya


Ketika jendelah diatas muncul, selesai sudah langkah langkah mengganti domain blogspot dengan domain co.cc Tunggu internet menyesuaikan konfigurasi baru domain kita kurang lebih selama 24 jam. Setelah 24 jam kita akan sudah punya blog dengan alamat www.contoh.co.cc Lumayan keren he…he… Selamat mencoba

1 comment: