Friday, February 27, 2009

Akhirnya Adsense Pertama Cair juga dengan Western Union

Ketika gagal menerima check pertama yang dikirim lewat Standar Mail beberapa bulan yang lalu, saya mulai merasa bahwa online working hususnya program Adsense dari Google terasa begitu rumitnya. Mendatangkan traffic saja begitu report nya, ketika traffic ke blog sudah mulai meningkat kemudian penghasilan Adsense mulai ada recordnya, sampai disini nampak online working itu begitu menggiurkan. Tapi apalah arti dari catatan penghasilan kalau penghasilan itu tidak bisa di cairkan? Check yang dikirim saja tidak sampai ke rumah. Sangat... sangat ruwet.
Ketika hampir mulai menyerah dan berkeinginan menyeriusi program paidreview ( membuat review pesanan dan pencairan hasil biasanya lewat Paypal), tiba tiba mendapat email dari Tim Supportnya Google Adsense bahwa mulai bulan ini publisher dari Indonesia bisa menerima pembayaran Adsense lewat Western Union. Betapa senang hati saat itu menerima kabar perbaikan service Google kepada publishernya. Sudah terbayang betapa gampang nya mencairkan hasil Adsense itu.
Dan kemudahan percairan Dollar dari hasil Adsense itu tetbukti hari ini. Tanggal 24 Februari kemarin saya mendapati record di account Adsense saya bahwa "payment is in progress" sehari kemudian status itu sudah berubah menjadi "payment issued". Itu berarti bayaran dari hasil Adsense saya telah diterbitkan. Tidak membuang waktu siangnya saya menuju Bank Jatim Sidayu bermaksud mengambil kiriman dari Google itu. Tapi apa kata petugas nya? "Western Union saat ini belom bisa". Wala............. terus maksud di pasang logo dan papan nama Western Union di depan bank Jatim itu apa? Kemudian petugas itu bilang kalo kantor pos sama BRI sudah bisa. Kalo kantor pos bisa menerima penarikan kiriman Western Union se sudah tahu, wong sekarang banyak tetangga kanan kiri menerima kiriman lewat Western Union dari keluarganya yang bekerja di Malysia. Saya sengaja ingin mengambil kiriman Adsense di Bank Jatim supaya bisa membandingkan krus nilai tukar mata uang, kan di situs Bank Jatim juga memperlihatkan nilai tukar, sehingga bisa membandingkan dengan yang di pakek untuk pencairan WU. Kalau di kantor pos? Ada gak ya informasi nilai tukar Dollar dengan Rupiah?
Ya dari pada banyak pikir langsung saja menuju kantor pos Gresik. Sampai disana, menuju loket WU dan disambut oleh petugasnya lalu diberi blanko WU untuk diisi identitas penerima dan pengirim plus negara pengirim. Jadi bukan alamat lengkap Adsense tapi cukup negara nya saja. Dan yang terpenting adalah MTCN ( money transfer control number) yang kesemuanya bisa dilihat di account Adsense. Habis itu di suruh menunggu, katanya sebentar lagi akan di panggil. Benar, saya dipanggil menuju loket sebelahnya, disuruh tanda tangan dan diminta poto kopi KTP, habis itu uang diserahkan sudah dalam bentuk Rupiah. Tidak lebih dari 10 menit catatan Dollar itu berubah menjadi Rupiah di tangan. Luar biasa..... cepat dan mudah sekali mencairkan bayaran Adsense yang dikirim dari Mountain View Amerika itu dengan Western Union.
Adsense pertama ini memang tidak begitu banyak, hanya 2 kali batas minim yang bisa dikirim Google lebih sedikit. Tapi hari ini terasa begitu mengesankan...... Ehmmm saat nya bisa ngopi dengan duit hasil Adsense he..he..

10 comments:

  1. waduh mantep tenan dah bisa ngopi dari gaji adsense.boleh tau nih ada potonganya gal kalo lewat WU ?

    ReplyDelete
  2. Pencairan adsense lewat WU, tidak ada potongan atau biaya tambahan. Palagi kalo dicairkan di kantor pos, benar2 free. Kalo lewat bank katanya ada biaya materai 6000. Cuman pencairan kemarin saya dapat nilai tukar sedikit lebih rendah dari yang dipublikasikan bank. Nilai tukar ini katanya sudah ditetapkan WU pada saat itu. Dimanapun dicairkan; bank atau pos akan sama.

    ReplyDelete
  3. Wah selamat...
    Berhasil deh..
    Meski aku gak sepiro ngerti,,tp intinya pengalaman awal yg blm tentu semua orang ngerti...

    ReplyDelete
  4. Wa wes nyampek kene mane. Piye Hud, Posisi ndek endi saiki

    ReplyDelete
  5. well...segala sesuati pasti ada rintangannya bro..keep struggling aja..

    ReplyDelete
  6. Jim, suwun da mampir. setiju....memang kayaknya gk ada yang gampang tampa rintangan entah offline ataupun online. semua butuh perjuangan

    ReplyDelete
  7. hemm ... mantep walo awalnya berliku

    ReplyDelete
  8. oh berarti cuman $250 dollar ya :D

    ReplyDelete
  9. wah enak ya, saya sudah berbulan-bulan hasil adsense saya dibawah $10 :(( , sedang pakai adsense lokal yg lumayan sih nilainya skali klik bisa rp 300 tp isi iklannya gitu2 mulu dan membuat lambat loading web akhirnya dicopot

    ReplyDelete
  10. cari informasi menambahkan bank jatim sebagai pembayaran adsense.. tapi yang keluar post nya agan... kalau ada informasi mengenai ini bisa dibagi juga gan.. secara opsi pilihan bank untuk bank jatimnya tidak ada..
    makasih

    ReplyDelete