Monday, October 6, 2008

Sebuah Blog Terjual 15 Juta Dollar

Saya sampai tercengang membaca artikelnya Problogger yang berjudul "1 man blog sells for $15 millions". Gila, tak dapat dipercaya tapi memang begitula adanya, unbelievable but acceptable.
Sungguh mencengangkan, sebuah blog bisa laku dengan harga 15 Juta Dollar. Kalau dirupiahkan berapa ya? Mungkin sekitar 141 Miliar Rupiah. Uang sebanyak itu hanya untuk membeli 1 blog? Bagaimana rupa blog itu? Dan orang "gila" macam apa yang mau beli kepemilikan di dunia maya seperti blog dengan uang milyaran begitu?
Perkembangan investasi di dunia maya Internet sudah jauh berkembang diluar perkiraan kita. Uang Jutaan Dollar sudah menjadi hal yang lumrah dalam transaksi alih kepemilikan properti virtual macam blog, website dan doman. Sebelumnya pernah dilaporkan Majalah Forbes bahwa 2 nama domain terjual dengan harga masing-masing $12 Juta dan $7 Juta. Domain itu adalah sex.com dan satunya lagi diamond.com
Kalau kita menyadari perkembangan online business sudah begitu jauhnya, menjadi tidak begitu mengherankan lagi kalau 1 blog bisa senilai 15 Juta Dollar. Blog semahal itu berbasis wordpress dengan nama domain yang cukup mudah diingat; www.bankaholic.com Blog ini fokus pada market niche keuangan yang membicarakan pasar keuangan, deposito, rekening tabungan dan segala hal berbau perbankan. Hebatnya blog ini hanya dikelolah oleh 1 orang. Pemiliknya dinyatakan bernama John Wu. Saya gak begitu tau, apa masih sodaranya John chow ya, si master Paid Review itu?
Bankaholic.com ini masih cukup muda, baru berumur 2 tahun 2 bulanan tapi suda mempunyai performa ya mengagumkan. Blog ini mempunya Ranking Alexa 42.168. Semakin kecil Ranking Alexanya, dianggap semakin baik. Artikel-artikelnya sangat exclusive sehingga tiap postingan menyedot rata-rata 20 komentar.
Uang 15 Juta Dollar ini mungkin seimbang dengan earning blog ini, dinyatakan bahwa bankaholic.com menghasilkan pendapatan riel rata-rata $72,64 per hari. Sehingga sebulan bisa mencapai $2.033,92. Luar biasa mengingat blog saya yang prioritas adsense masih embut-embut dikisaran $1 per harinya, kadang malah nol koma Dollar he..he..
Berdasarkan performa dan potensinya yang menakjubkan seperti di atas, tidak salah kiranya BankRate merogoh kocek 15 Juta Dollar untuk mengakuisisi bankaholic.com. BANKRATE adalah situs informasi keungan terkemuka. Untuk ekspansi produk, sepertinya cukup masuk akal apa yang telah dilakukan BankRate. Proses pembayaranya dikukan dengan 2 tahap. Tahap pertama dibayarkan sejumlah 12 Juta Dollar, sisanya pada 1 tahun ke depan. Kabarnya setelah proses akuisisi oleh BANKRATE, John Wu sang pemilik lama, tetap diminta untuk mengelolah www.bankaholic.com Hem.. Hebatnya si John Wu ini ngramut blog selama 2 tahun 2 bulan saja, kini memanen 15 Juta Dollar yang setara dengan 141 Miliyar Rupiah.
Bagamana? Masih ada yang tidak tertarik untuk belajar ngeblog? He...He...

2 comments:

  1. wah.... perlu belejar nih!

    ReplyDelete
  2. wah keren sekali, uang segitu dari blog bisa ngalahin gaji aku jadi buruh IT sepuluh tahun :((

    ReplyDelete