Sunday, December 7, 2008

Menunggu Datangnya Check Adsense Pertama

Doing the first experience, melakukan pengalaman pertama selalu saja bikin detak jantung berdebar lebih keras dari biasanya. Dalam hal apapun, say love for the first time, getting first interview, Ijab qobul pernikhan, bahkan hal hal kecil seperti masuk warnet untuk pertama kalinya, apa saja kalau baru pertama kali sering kali terasa dag dig dug.
Begitu jugal halnya yang saya alami hari hari ini, menunggu datangnya check Adsense yang pertama. Bukan sepenuhnya masalah akan mendapat duit, toh Dollar dari Adsense yang pertama ini tidak begitu banyak, setidaknya telah mencapai limit yang ditetapkan oleh Google yaitu $100. Kalau dirupiahkan cuman berapa seh, hanya ratusan ribu, tetapi sekali lagi ini bukan sepenuhnya tentang akan mendapat uang ratusan ribu itu. Ini adalah tetang pengalaman pertama yang akan dilewati dan bagaimanapun juga pengalaman pertama adalah benar benar sebuah value asset.
Dulu.... dulu sekali saya mempunyai mimpi bahwa suatu ketika saya akan mendapat kan penghasilan dari dunia maya ini. Meski saat itu saya tidak tahu harus mulai dari mana dan apa yang harus saya lakukan untuk mennggapai mimpi itu. Saat itu saya beranggapan bawah mendapatkan duit dari internet adalah absurd, illogical, aneh dan benar benar maya. Bagi saya interaksi di dunia virtual macam Internet tidak akan pernah bisa melibatkan emosi apapun apalagi bisa menggerakkan daya dan pikiran untuk berbuat sampai benar bisa menghasilnkan uang yang riel itu.
Saya termasuk orang yang gagap technologi informasi. Pengalaman pertama bersentuhan dengan komputer agak inten adalah ketika menulis skripi. Sangat terlambat memang he...he... Karena hanya untuk ngetik skripsi tentu yang saya pahami adalah bahwa komputer adalah Microsoft Word, software pengolah kata itu. Program program yang lain saya tidak paham apalagi yang namanya Internet marketing, blog monetizing. Istilahnya saja saya tidak mendengar, atau tidak mau dengar ya? bla..bla..bla.
Lalu sekarang saya harus dihadapan pada suatu kenyataan bahwa saya sedang menunggu datangnya sebuah Check. Hem... bener bener mimpi yang hampir menjadi nyata, atau sudah nyata ya, dikit dikit kan dari paid review sudah dicairkan.
Hampir 2 minggu ini sudah saya berada dalam keadaan menunggu. Link di payment history pada account Adsense saya terdapat keterangan bawah check saya telah di-issued pada 24 Nopember kemarin. Saya tidak mendapatii keteragan lebih jelas seperti pemberitahuan lewat email tentang pengiriman check ini. Tidak seperi pengiriman PIN kemarin dimana pada account Adsense saya ada keterangan lebih rinci bahkan sampai print out bentuk fisik post card nya. Hanya kata "ISSUED" itu yang saya jadikan patokan, yang berarti "DITERBITKAN". Apa memang bgitu ya???
Meski yang ditunggu adalah datangnya Check yang membawa duit, menunggu tetaplah menunggu, sebuah keadaan yang tidak menyenangkan. Saya sadar betul bahwa check Adsense itu tidak akan datang dalam kurun 2 minggu ini. Beberapa kali saya menerima surat dari negeri-negeri sana. Rata-rata sampai di tangan butuh kurun waktu sebulanan. Tidak tahu juga dimana surat-surat itu harus cangkruk berlama lama dulu sebulam tiba di rumah. Apakah surat surat itu diantar oleh pasukan gajah yang glinak glinuk sehingga begitu lama nya. Tapi saya tahu diri la, kan hidup di desa, ndeso kesa keso, mungkin petugas surat itu aras-arasen atau males blusukan ke deso deso hanya untuk ngantar 1 atau 2 surat.
Pengalaman kemarin waktu dapat post card dari Google yang berisi notifikasi PIN, Adsense butuh waktu sebulan lebih untuk sampai di rumah. Meski ada kesadaran macam itu, saya berharap surat dari Google kali ini tidak melebihi 1 bulan. Semoga..............

4 comments:

  1. duh !!! yang lagi menunggu, abi nih makan2 dong

    ReplyDelete
  2. wah hebat..kasih tau caranya dong mbak ?.
    sy dah hampir setahun masih aja dapet $23 .. hiks

    ReplyDelete
  3. menurut saya se, blognya harus banyak pengunjung sehingga memungkinakan diklik adsense nya,ada yang bilang kalo blog nya punya sekitar 1000 page impression, ada peluang dapat $1 seharinya

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete