Wednesday, October 29, 2008

Lengkapnya Youtube

Situs file sharing memang ada banyak, tapi Youtube mungkin tiada duanya dalam banyaknya video yang disediakan. Heran juga kenapa dari dulu tidak mengetahuinya. Ya dari pada gak tahu sama sekali, telat masih lebih baguskan? He..he..
Keheranan saya dengan betapa banyaknya video yang didistribusikan oleh Youtube berawal dari keinginan untuk melihat dokumentasi The Zoo Story. Saya memang pernah tertarik agak dalam dengan hal hal yang berhubungan dengan drama absurd ini (untuk Konyil, Gambol, Andhy, Ikwan, Harun and other DKK's The Zoo Story production crews, where are you Guys?). Lima tahunan yang lalu, saya tidak menemukan apa apa kecuali dokumentasi tulis saja. Andaikan Youtube sudah sedemikian lengkap sejak dulu.. Keheranan saya semakin memuncak ketika iseng iseng mengetik keyword apa saja yang terlintas di kepala pada kotak pencariannya.
Hampir semua keyword itu membawa banyak judul video yang relevan dan siap kita tonton. Mulai video tutorial sampai hiburan, musik, fragmen film semuanya ada. Bahkan video yang berbau kontroversi seperti film dokumentari Fitna miliknya anggota parlemen Belanda itu. Bahkan video-video yang berbau sensual dan porno juga betebaran. Konser dangdut yang begitu liar dengan dandanan seronok dan joget sensualnya, mungkin sulit ditemukan di penjual vcd, Youtube menyediakannya. Konser spicegirl dengan konsep nudisnya juga banyak diupload. Bahkan hal hal privasi seperti dokumentari proses wanita melahirkan juga bisa ditemukan. Sepertinya Youtube telah menjelma menjadi situs video file sharing terlengkap saat ini.
Yang tidak menyenangkan adalah Youtube tidak menyediakan fasilitas download atau save pada video-vedeonya. Sehingga kita harus selalu online ketika ingin melihatnya. Bagi kita yang mempunyai koneksi dan bandwidth internet terbatas, tidak bisanya Youtube didownload sungguh sebuah masalah tersendiri. Koneksi internet yang masih dianggap barang langkah dan mahal ini masak hanya dipakai untuk lihat video konser dangdut tok misalnya, kok kayaknya kurang proporsional. Apalagi kalo kita masih mengandalkan GPRR sebagai andalan koneksi internet, bisa brodol dempet untuk beli pulsa, mengingat ukuran file video rata rata memang mega byte.
Tapi dunia internet bukan hanya diisi oleh single aktor. Ibaratnya kalau internet membolehkan orang untuk menutup suatu pintu, internet juga memberikan fasilitas untuk membuka pintu itu. Paradoks memang tapi begitula dunia kita sekarang. Banyak program antivirus yang sakti tetapi virus komputer juga semakin mematikan. Blocking dan unblobking adalah dua hal berseberangan yang selalu berjalan beriringan.
Melihat video Youtube dengan cara offline akan menyenangkan. Mengingat video Youtube rara rata adalah barang langkah dan sulit ditemukan di pasaran. Untuk menyimpan video dari Youtube ke hardisk atau flash, kita harus meminta bantuan pihak ketiga. Inilah yang menyenangkan dari Internet, hampir semuanya bisa diakali.
Pihak ketiga yang menyediakan fasilitas download atau menyimpan video yang diprotek ini banyak macamnya. Kadang kita diminta instal dulu tetapi tidak sedikit yang instant bisa langsung digunakan. Situs KeepVid adalah salah satu contohnya. Kita tinggal copy alamat video Youtube dan paste di kotak yang disediakan.

2 comments:

  1. terima kasih sudah mengunjungi blog saya, walau memang masih sedikit dolar yang didulang, tapi sedikit2 lama2 menjadi bukit kan :)

    ReplyDelete
  2. gua sangat terbantu dengan adanya keepvid dot com itu. ya...meski sering lemotnya...

    ReplyDelete