Friday, August 1, 2008

Membeli Domain di eBay; pengalaman pertama

Membeli domain bekas akhirnya menarik minatku juga. Dimana membeli domain-domain itu dan bagaimana cara membelinya? Dua hal itu la yang lagi aku fokuskan. Berhubung memang belom punya tempat curhat face to face, maka googling dan blogwalking menjadi andalan referensi.
Pada akhirnya aku mengetahui ternyata banyak tempat jual beli domain, diantaranya di goddy, digital point, ebay, bahkan beberapa situs banyak yang menawarkan jual beli domain. Berbekal keingininan yang menggebu2, akhirnya aku putuskan membeli domain di eBay. Sebenernya aku juga suda mencoba mengunjungi digital point tapi sepertinya banyak istilah yang aku tidak mudeng. Dari pada kesasar kemana mana, aku putuskan membeli domain di eBay yang aku anggap lebih familiar dengan istilah istilahnya.
Keinginan membeli domain semakin kuat ketika paypal ku telah di verifikasi. Awalnya mumet juga mencari cara memverifikasinya. Dengan bantuan Saudari Dewi Palupi, thank a lot, paypal ku terverifikasi juga pakek VCC. Walau dengar-dengar verivikasi paypal ada kemungkinan risk nya tapi masak bodoh la, yang penting bisa dipakai cepat saat ini. Mengingat verifikasi paypal ini adalah suatu keharusan. Hampir kesemua bakol domain diatas memakai paypal yang sudah teverifikasi untuk pembayaranya.
Setelah mengunjungi situs eBay, aku memberanikan ikut bidding. Lelang ini prinsipnya sama dengan off line busines, siapa yang berani menawar harga tertinggi, dia yang menang. Tentu dalam memilih nama domain yang mau di beli harus teliti. Aku harus mengecek expired dan juga link domain itu beserta page rank nya. Untungnya ada juga situs penyedia pelayanan pengecekan domain-domain itu, heran juga si kok ada ya? Intenet memang bener bener lengkap...
Setelah menemukan domain yang cocok maka saatnya melakukan bid atau penawaran. Proses ini yang paling seru, hususnya di akhir akhir masa bid habis. Proses bid ini aku lakukan beberapa hari. Hari pertama selalu gak berhasil, bukan hanya karna tidak mau membeli dengan harga diatas bidder yang lain tapi juga karena belom paham betul tata cara bid. Disamping akses internet yang kadang lemotttt. Intinya ikut lelang domain ini berprinsip; "siapa berani harga tinggi, dia dapat" ditambah " siapa cepat , dia dapat". Sering pas mau bid lebih tinggi, tiba tiba waktu bidnya telah habis. Hemm.. kalau jaringan internet masih lemot begini, emang susah dapat sesuatu.
Meski begitu, aku tidak menyerah hari berikutnya, dengan proses yang sama akhirya, aku berhasil membeli 2 domain yaitu www.unblocker.name & www.websiteflippingfaqs.info Domain pertama punya page rank 2 dan domain kedua masih ber page rank 0. Domain pertama itu ternyata menurut checkpagerank.net mempunyai page rank yang forged/ palsu/ dicurigai/awu-awu. Sejak awal sudah tahu begitu tapi yang membuat aku suka dengan domain ini adalah domain ini sudah punya ratusan backlink.
Dan harapanku ternyata benar, sehari setelah membeli domain, tanggal 25 Juli kemarin ada update Google page rank. Domain itu naik tingkat menjadi page rank 3..... ehm mervelous..he..he.
Domain itu aku pakai untuk nama blog di blogspot. Hari-hari ini lagi berjuang untuk merubah Forged page rank nya menjadi Valid page rank.... trus nanti rencananya diikutkan makelar Paid reviws biar dapat banyak job he..he...

4 comments:

  1. saya pun ngah cuba2 cari duit internet ni
    kalo ade tips ke cite la sikit
    cubaanjutawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. ouw...
    tolong kasih tau caranya beli Domain di Ebay biar gag ketipu donk..
    thanks b4... :)

    ReplyDelete
  3. mantap mas infonya,,, maklum masih nubie bgt

    ReplyDelete
  4. mantab gan josh gandos ane juga mau beli domain neh...

    ReplyDelete